Selasa, 25 Mei 2010

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI (IMD)
PADA PERAWAT DAN BIDAN
DI BPK RSU KABUPATEN
MAGELANG1
Riska Oktaviani2 , Warsiti3
INTISARI
Inisiasi Menyusu Dini artinya pemberian ASI dalam 60 menit pertama setelah kelahiran yang merupakan salah satu cara untuk menurunkan kematian bayi dan mencapai tujuan pembangunan milinium Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan perawat dan bidan tentang perilaku dalam melaksanakannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan kesehatan terhadap perilaku perawat dan bidan dalam melaksanakan inisiasi menyusu dini di BPK RSU Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment dengan randomized control group pretest-postest. Pengumpulan data menggunakan kuisioner tingkat pendidikan tentang inisiasi menyusu dini serta perilaku bidan dan perawat dalam melaksankana IMD. Subyek penelitian sejumlah 32 responden. Teknik analisis untuk menguji hipotesis digunakan Uji-t.
Hasil penelitian didapatkan tingkat pendidikan tentang inisiasi menyusu dini di BPK RSU Kabupaten Magelang sebagian besar berpendidikan cukup, yaitu 10 responden atau 62,5%. Sedangkan perilaku perawat dan bidan dalam melaksanakan inisiasi dini di BPK RSU Kabupaten Magelang sebagian besar berperilaku cukup, yaitu 9 responden atau 56,25%. Ada pengaruh antara pendidikan kesehatan inisiasi menyusu dini dengan perilaku bidan dan perawat dalam melaksanakan inisiasi menyusu dini di BPK RSU Kabupaten Magelang, yang ditunjukkan dari nilai uji t sebesar -4,424. Berdasarkan hal tersebut disarankan bagi perawat dan bidan di BPK RSU Kabupaten Magelang hendaknya menerapkan dan meningkatkan perilaku dalam melaksanakan inisiasi menyusu dini
Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Perilaku Perawat dan Bidan,
Inisiasi Menyusu Dini
Kepustakaan : 11 buku (1997-2008)
3 jurnal internet (2005-2008)
Jumlah Halaman : xii, 54 halaman, tabel 1 s.d 6, gambar 1 s.d. 3
1Judul Skripsi
2Mahasiswa PPN-PSIK Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta
3Dosen PPN-PSIK Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta

Tidak ada komentar: